TI Poltek Harapan Bersama Tegal Gelar Pelatihan Pengenalan Linux - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

TI Poltek Harapan Bersama Tegal Gelar Pelatihan Pengenalan Linux


(Tegal) - Tim dosen Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika (TI) PoliTeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal, Jawa Tengah, dan mahasiswa memberikan kegiatan Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source di SMK Bina Nusa Slawi, Kabupaten Tegal, Sabtu 09 Januari 2016 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 Siswa SMK Bina Nusa Slawi dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan Multimedia.

Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut, diantaranya Pengenalan Linux OS, cara penginstalan Linux OS dan Pengenalan Software-software Open Source. Semua materi disampaikan oleh mahasiswa yang di back-up oleh beberapa dosen dari Prodi D4 Teknik Informatika diantaranya Dega Surono Wibowo, S.T, M.Kom, T. Bayu Sasongko, M.Eng, Dairoh, M.Sc dan Ahmad Sutanto, S.Kom.

Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Tegal, Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D4 Teknik Informatika. Menurutnya, Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa D4 Teknik Informatika, merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami berharap bahwa kolaborasi serupa, juga agar diterapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian,” tutur Mc. Chambali di kampus PoliTeknik Harapan Bersama Tegal Jalan Mataram Nomor 9, Pesurungan Lor, Kota Tegal.

Kepala SMK Bina Nusa Slawi, Sunaryo, S.Pd., M.Kom mengatakan sangat senang atas kedatangan tim Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal, yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada siswanya mengenai Linux OS dan Software Open Source.

Sedangkan salah satu guru SMK Bina Nusa Slawi jurusan TKJ, Erik Firmansah menjelaskan bahwa sekolahnya telah memiliki infrastruktur ICT yang cukup memadahi. Namun dikatakan dia, sekolahnya masih sangat memerlukan dukungan dan bimbingan dari semua pihak, terlebih mengenai pemanfaatan software-software open source sehingga nantinya bisa diterapkan di sekolah.

Sementara Ka. Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal, Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menjelaskan bahwa Linux OS dan software open source merupakan sebuah solusi terhadap permasalahan penggunaan sistem operasi dan software-software yang berlisensi.

“Secara bertahap kami dari Prodi D4 Teknik Informatika akan menyebarkan virus-virus positif, tentang penggunaan Linux OS dan Software-software open source di dunia pendidikan, pemerintahan dan swasta,” ujarnya.

Ditambahkan Ginanjar Wiro Sasmito, materi yang disampaikan pada Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source diantaranya adalah Pengenalan Linux OS, Cara penginstalan Linux OS dan Pengenalan Software-software Open Source. Materi-materi itu disampaikan oleh mahasiswa yang di back-up beberapa dosen Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal.

SUMBER:
http://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/12889/12/01/2016/ti-poltek-hb-tegal-gelar-pelatihan-pengenalan-linux.html

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar