Fariz El Haq Fuad Hasyim Pondok Buntet Cirebon : Paham Moderat Lestarikan NKRI - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Fariz El Haq Fuad Hasyim Pondok Buntet Cirebon : Paham Moderat Lestarikan NKRI

pelantikan ansor wanasari

infotegalbrebes - Paham moderat, akan memperkokoh dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan paham radikal akan meluluhlantakan NKRI.

Gerakan-gerakan radikal seperti paham Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbukti telah membuat kegaduhan meskipun dengan dalih Islam sebagai pondasi utamanya.

Demikian disampaikan pengasuh pesantren Al-Arifah Buntet, Cirebon, KH Fariz Elt Haque Fuad Hasyim pada Pelantikan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Wanasari di Masjid Jami Al Amin Desa Dumeling, Wanasari, Kabupaten Brebes, Ahad Malam (11/1/2016).

Terbukti, lanjutnya, di timur tengah juga banyak negara yang 100 persen Islam, namun timbul konflik yang berkepanjangan akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan, tidak moderat, tidak menghargai adanya perbedaan.

Alhamdulillah, ucap Fariz, Negara Indonesia yang terdiri dari macam nusa, suku, bahasa, dan agama, bisa tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena adanya toleransi umat beragama.

“Khusunya faham moderat Nahdlatul Ulama yang disebar para ulama sejak dahulu kala, telah membawa kedamaian,” ungkapnya.

Begitu besar jasa ulama, perlu diteruskan oleh para pemuda terkhusus yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ansor. Sejarah masuknya Islam di Indonesia, juga lewat cara-cara damai, sehingga dakwah yang di kenalkan para Walisongo yang moderat itu, harus dipertahankan.

“Kalau tidak, nanti bisa muncul paham-paham dan gerakan radikal,” ujarnya.

Ansor harus menjadi garda terdepan menjaga paham moderat, termasuk menjaga amanat para ulama terdahulu untuk mempertahankan dan melestarikannya.

Kepengurusan PAC GP Ansor Kecamatan Wanasari untuk masa khidmah 2015–2018 dilantik secara langsung Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah H Ikhwanudin.

Ketua PAC GP Ansor Wanasari Bayu Rohmawan usai dilantik menjelaskan, bahwa pelantikan merupakan prosedural yang harus dilaksanakan oleh GP Ansor di semua tingkatan. Kepengurusan yang dilantik, merupakan hasil Konferancab pada 25 Oktober 2015 silam di di desa Glonggong.

“Ini merupakan langkah awal dan ikhtiar untuk membaktikan diri ke masyarakat,” jelasnya.

Sebagai Organisasi Kepemudaan dan Kemasyarakatan, lanjutnya, bertekad membaktikan diri kepada masyarakat, Agama dan Bangsa. GP ANSOR sebagai penerus estafet kepemimpinan Ulama dan Bangsa.

Ansor punya peran mewujudkan pemuda yang bermanfaat bagi masyarakat Shubbanul Yaum Rijalul Ghod yang mengandung maksud pemuda hari ini, pemimpin di masa yang akan datang.

Pengurus yang dilantik antara lain Ketua Bayu Rohmawan, Sekretaris Munawarudin, dan Bendahara Edi Tristiyanto serta Kepala Satuan Kordinator Kecamatan (Satkorcam) Banser Ahmad Mihrojudin.

Turu hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PC GP Ansor Kabupaten Brebes Ahmad Munsip, Ketua KPU Brebes M Riza Pahlevi, Ketua MWC NU Wanasari KH Shobarudin, segenap Dewan Penasehat GP Ansor Wanasari dan Pengurus Badan Otonom NU Wanasari lainnya.

SUMBER:
http://brebesnews.co/2016/01/fariz-el-haq-fuad-hasyim-pondok-buntet-cirebon-paham-moderat-turut-lestarikan-nkri/

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar