BREBES – Sebanyak tiga gedung di komplek Kantor Bupati Brebes segera dibongkar. Pembongkaran bangunan gedung yang menjadi Kantor Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah Brebes dan ruang operasional room ini akan dilelang secara terbuka sebesar Rp 13 juta.
Kepala Bidang Aset, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Brebes, Diding Suwandi mengatakan, tiga bangunan di komplek Kantor Bupati Brebes akan dibongkar untuk alihfungsi menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP). Pembongkaran akan dilalukan melalui lelang di KPKNL Tegal. Untuk penawaran nilai lelang ialah Rp 13.720.000 dengan nilai jaminan Rp 6.860.000. Lelang akan dibuka pada Rabu 9 Maret besok.
“Jadi ada beberapa gedung di dua tempat yang akan dibongkar melalui lelang. Pertama, gedung di Kantor Bupati Brebes, dan bangunan gedung kantor GOW di Jalan Ahmad Yani Brebes,” kata Diding, Senin (7/3/2022).
Ia menjelaskan, pembongkaran bangunan di komplek Kantor Bupati Brebes akan dilakukan hanya untuk beberapa ruangan. Mulai dari teras bangunan utama Kantor Bupati, Kantor Sekda, sampai ke operasional room.
Menurut Setiawan, pembongkaran gedung ini dimaksudkan untuk mempermudah alihfungsi menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP), yang mulai dibangun setelah pembongkaran.
“Jadi yang dibongkar itu split-split, biar lorong sampai ke operasional room hingga ke Bagian Organisasi. Untuk atap genting tidak masuk lelang karena akan digunakan lagi,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Umum Setda Brebes, Setiawan Nugroho mengatakan, selama ada pekerjaan pembongkaran bangunan gedung ini akan berdampak pada tempat kerja sejumlah pejabat. Di antaranya, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten Sekda serta sejumlah Kepala Bagian Setda Brebes. Tempat kerja para pejabat ini akan direlokasi di tempat lain.
Beberapa ruangan yang dibongkar adalah ruangan Wakil Bupati, Sekda, operasional room, ruang Asisten 2 dan 3 dan Bagian Organisasi. Namun ruang tempat kerja bupati akan terdampak oleh pekerjaan pembongkaran tersebut. Sehingga, tempat kerja bupati dipindahkan ke pendopo. Sedangkan wakil bupati akan berkantor di rumah dinasnya.
“Untuk Ibu Bupati sementara berkantor di Pendopo, Pak Wakil Bupati di rumah dinasnya. Untuk Sekpri Bupati dan Sekpri Wakil Bupati ditempatkan di ruangan Asisten 1 Sekda Brebes. Kemudian Staf Ahli dan Asisten 1,2, dan 3 ditempatkan di Bagian Pemdes,” kata Setiawan Nugroho.
Ia menambahkan, tempat kerja Sekda Brebes akan dipindah ke ruang JDIH dan Bagian Organisasi akan pindah di bekas ruang ULP. Untuk relokasi tempat kerja para pejabat ini akan dimulai pada Senin depan. Sedangkan untuk proses pembongkaran akan dilakukan mulai 11 sampai 18 Maret mendatang.
“Pembongkaran ini tentu berdampak pada kinerja para pegawai di lingkungan Setda Brebes, sehingga mereka perlu dipindahkan untuk sementara waktu,” pungkasnya. (*)
Sumber pp
INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes