Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE: Ayo Manfaatkan Tanah Walau Sejengkal - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE: Ayo Manfaatkan Tanah Walau Sejengkal


TEGALBREBES.COM (Brebes) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE berharap masyarakat Brebes bisa memanfaatkan tanahnya walau sejengkal dengan tanaman panganan. Karena manfaatnya akan bisa dirasakan oleh keluarga, lingkungan dan masyarakat. Sehingga ketahanan pangan terus terjaga.

Disamping itu, potensi besar yang dimiliki Brebes, berupa lautan dengan hasil ikan yang melimpah bisa dimanfaatkan. Biasakan dengan gemar makan ikan, karena ikan mengandung gizi yang baik terutama untuk kecerdasan anak.

Himbauan Bupati diucapkan saat membuka acara lomba aneka masakan bergizi dan sehat untuk keluarga dalam rangka memperingati Hari Kartini di Pendopo Kabupaten Selasa (19/4/2016).

Menurut Idza, jalur ibu rumah tangga sangat berperan penting dalam memilih dan mengolah serta menyajikan makanan di keluarganya. Untuk itu, seorang ibu akan menentukan pula nilai makanan yang berimbang, bergizi, sehat dan aman.

“Betapa jajanan diluar, sudah mulai terkontaminasi dengan berbagai bahan-bahan yang berbahaya seperti pemanis buatan, kadaluarsa, tidak sehat, sehingga kerap terdengar anak-anak di sekolahan keracunan makanan,” kata Idza mengingatkan.

PKK Brebes sabet juara

Sementara itu, dalam penilaian lomba dengan meraih nilai 85,54 Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Brebes berhasil menjadi juara 1 dalam lomba cipta menu beragam, bergizi, sehat dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Brebes.

Sementara juara 2 diraih TP PKK Kecamatan Bantarkawung (81,44) dan juara 3 TP PKK Kecamatan Paguyangan (78,78). Sedangkan juara harapan 1 diraih TP PKK Kecamatan Salem (77,80), harapan 2 TP PKK Kecamatan Ketanggungan (70,42) dan harapan 3 TP PKK Kecamatan Wanasari (69,48)

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Brebes Ny Solicha Emastoni Ezam menjelaskan, lomba cipta menu B2SA berbasis sumberdaya local dilaksanakan setiap tahun.

Lomba ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai tingkat nasional.

“Pemenang lomba akan menjadi wakil Brebes dalam lomba yang sama ditingkat Provinsi pada bulan Mei mendatang,” kata Solicha.

Tiap peserta menyajikan sumber karbohidrat dari menu yang disusun untuk keluarga menggunakan bahan selain beras dan terigu. Dengan demikian akan mendorong penggunaan pangan lokal sumber karbohidrat seperti jagung, singkong, ubi jalar, ganyong, sukun, pisang, dan sejenisnya.

Selain lomba cipta menu B2SA, juga digelar Lomba Masak Kudapan Non Beras dan Non Terigu dan Lomba Masak Menu Hasil Perikanan.

Untuk Lomba Masak Kudapan Non Beras dan Non Terigu berhasil sebagai juara 1 dari Kecamatan Paguyangan dengan nilai 450, juara 2 Kecamatan Tonjong (430) dan juara 3 Kecamatan Wanasari (425).

Bhayangkari juara masak ikan

Sedangkan untuk Lomba Masak Menu Hasil Perikanan berhasil sebagai juara 1 dari Bhayangkari Polres Brebes nilai 583 dengan masakan Ikan Masak Bambu, juara 2 Kelurahan Gandasuli (566) dengan masakan Sup Rollade Ikan Lele, juara 3 GOW Sekar Tantri Brebes dengan masakan Lele Terbang Asam Manis (565).

Untuk juara harapan 1 diraih Kecamatan Ketanggungan (557) dengan masakan Kura-kura goring kakap, harapan 2 Dharma Wanita Dinas Perhubungan (549) dengan masakan Kakap Hori Egg roll dan harapan 3 diraih Kecamatan Kersana (544) dengan masakan Bontang. [bn]

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar