Warga Desa Adisana Adisana Usul Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Warga Desa Adisana Adisana Usul Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan


INFOTEGALBREBES, Seperti yang dilansir PanturaNews - Warga Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepakat mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di desanya. Pasalnya, kondisi jalan dan jembatan yang rusak selama ini menjadi salah satu penghambat kemajuan perekonomian warga.

"Warga menginginkan ada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan," kata Pj Kepala Desa Adisana, Ahmad Yani kepada PanturaNews.Com, Jumat 08 Januari 2016.

Menurutnya, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Adisana pada Rabu 06 Januari 2016 lalu, warga sepakat dilakukan pembangunan jalan Kalisirah tembus Sikut sepanjang 900 meter yang menghubungkan antara Dukuh Kweni dengan Dukuh Baruamba. Jalan diusulkan dibangun dengan kontruksi aspal sensit dengan anggaran sekitar Rp 170 juta.

"Diusulkan kjalan penghubung itu disensit agal lebih kuat dan awet, mengingat itu jalur perekonomian warga," kata Yani.

Selain pengaspalan jalan, juga mengusulkan perbaikan jembatan Pringjajar yang menjadi penghubung antar desa. Yakni dengan Desa Plompong yang masuk wilayah Kecamatan Sirampog. Jembatan berukuran 6 x 3 meter itu saat ini rusak dan terancam putus, padahal menjadi penghubung antar desa yang juga jalur perekonomian.

"Jembatan menjadi jalur ekonomi antar desa sehingga sangat vital dan harus segera diperbaiki dengan anggaran yang diusulkan Rp150 juta," ucap Yani.

Dikatakan, selain dua usulan itu juga masih ada usulan pembuatan talud pengaman jalan agar jalan yang nantinya dibangun tidak cepat rusak. Pambanguna talud akan memperkuat badan jalan sehingga tidak mudah longsor saat musim hujan atau dilewati kendaraan dengan beban yang berat.

"Pembuatan talud pengaman jalan juga sangat mendesak," tutur Yani.

Usulan-usulan warga itu telah disepakati pada forum Musrenbangdes yang dihadiri oleh tim dari Kecamatan Bumiayu dengan ketua tim, Sekretaris Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi. Diharapkan usulan-usulan itu menjadi skala prioritas dan disetujui serta dapat direalisasikan pada tahun 2017 mendatang.

SUMBER:
http://www.panturanews.com/index.php/panturanews/baca/12874/08/01/2016/adisana-usul-pembangunan-infrastruktur-jalan-jembatan.html

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar