Sambut HUT Brebes, Bansos Rp 180 Juta Dibagikan - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Sambut HUT Brebes, Bansos Rp 180 Juta Dibagikan


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, sejak awal Januari hingga kini, telah memberikan beragam bantuan sosial (bansos) berupa santunan dan modal kepada warga miskin di beberapa daerah.

Beragam bansos yang diberikan atas kebijakan sekaligus sebagai bentuk kepedulian Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti itu dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Brebes ke-338.

Diantaranya, selain santunan kematian juga diberikan kepada penyandang masalah kesejateraan sosial (PMKS), dan warga yang masuk dalam kategori Orang Tidak Mampu (OTM) hingga wanita rawan sosial ekonomi (WRSE)

"Untuk santunan kematian bagi keluarga miskin telah diberikan kepada 846 ahli warisnya melalui kecamatan masing-masing. Masing-masing ahli waris keluarga miskin tersebut mendapat Rp 1 juta," ujar Kabid Bantuan Sosial, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemkab Brebes, Masfuri, Rabu 06 Januari 2016.

Kemudian, untuk WRSE yang merupakan tulang punggung ekonomi keluarga diberi bantuan stimulan modal kepada 120 wanita masing-masing Rp 500 ribu. Bantuan stimulan modal juga disuntikkan kepada warga lanjut usia potensial bagi 90 orang lansia. Mereka yang menerima dana stimulan ini sebelumnya sudah mendapat pelatihan dan usahanya juga sudah berjalan.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan sosial warga miskin maupun korban kebakaran di Salem. Untuk warga miskin yang masuk kategori Orang Tidak Mampu (OTM) umumnya diberikan kepada warga miskin yang memiliki penyakit menahun dengan sasaran 49 penerima masing-masing Rp 1 juta seperti halnya bantuan untuk 10 keluarga korban kebakaran di Desa Ganggawang Kecamatan Salem.

"Dari bantuan-bantuan yang diberikan itu total mencapai Rp 180 juta ditambah santunan kematian Rp 846 juta. Sesuai dengan arahan bupati, kami berharap agar bantuan tersebut bisa digunakan sebaik-baiknya sehingga bisa bermanfaat membantu meringankan beban hidup mereka," tutup Masfuri.

Adapun penerima beragam bansos, seperti WRSE terdapat di Desa Pabuaran Kecamatan Salem, Cikuya Kecamatan Banjarharjo, Jagalempeni Kecamatan Wanasari dan Kemurang Wetan Kecamatan Tanjung. Sementara bantuan lanjut usia di Desa Manggis Kecamatan Sirampog, Kalialang Kecamatan Jatibarang dan Desa Kramat Sampang Kecamatan Kersana.

SUMBER:
http://www.panturanews.com/index.php/panturanews/baca/12866/06/01/2016/sambut-hut-brebes-bansos-rp-180-juta-dibagikan.html

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar