Datangkan Alat Berat, Singkirkan Material Longsor - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Datangkan Alat Berat, Singkirkan Material Longsor


INFOBREBES, dikutip dari laman PanturaNews.com - Alat berat jenis beckhoe digunakan untuk membuka jalan yang tertimbun longsor di Dukuh Rejosari RT 9 RW 03 Desa Pepedan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu 09 Januari 2016 sore.

Setelah hampir dua jama alat berat itu bekerja mengeruk dan menyingkirkan material longsor yang menimbun setebal antara 1,5 hingga tiga meter sepanjang 10 meter, jalan kembali terbuka.

"Hampir dua jam beckhoe digunakan, mulai pukul 13.00 WIB hingga sekitar pukul 15.00 WIB," ujar Kepala Desa Pepedan, Saiful Huda kepada PanturaNews.Com di lokasi kejadian.

Alat berat didatangkan oleh Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, dari lokasi sebuah proyek pekerjaan di wilayah Kecamatan Tonjong. Berkat alat berat itu jalan kembali terbuka meski masih harus dibersihkan secara manual.

"Besok akan dikerahkan warga untuk membersihkan tanah yang masih tersisa di badan jalan agar dapat dilewati kembali dan tidak licin," kata Saiful.

Perlu diketahui, sebelum jalan tertutup akibat bencana longsor yang terjadi pada Jumat 08 Januari 2016 sekira pukul 18.30 WIB, menyusul hujan lebat yang turun sejak sore hari. Bagian yang longsor merupakan tebing setinggi tujuh meter yang berada di sisi jalan.

Material longsor berupa tanah dan tunggak bambu serta pohon lainnya menimbun badan jalan, setebal antara 1,5 meter hingga 3 meter, sepanjang 10 meter. Jalan yang tertimbun jalan merupakan jalan antar desa yang juga menjadi salah satu jalur alternatif penghubung antara Tegal-Purwokerto.

Puluhan personil TNI dipimpin Danramil Tonjong, Kapten Inf Ngadino, terjun ke lokasi melakukan karya bhakti untuk membuka kembali jalan yang tertimbun longsor tersebut. Pasiter Kodim 0713 Brebes, Kapten Inf Solakhudin juga datang ke lokasi memantau jalannya karya bhakti TNI itu.

Selain itu lebih dari tujuh personil dari Polsek Tonjong dipimpin langsung Kapolsek Tonjong, AKP Misyanto juga membantu menangani longsor. Nampak pula puluhan warga bersama aparat desa setempat secara gotong royong menyingkirkan material longsor.

SUMBER:
http://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/12882/09/01/2016/singkirkan-material-longsor-datangkan-alat-berat.html

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar