Kali Pemali Nyari Jebol, Sembilan Desa di Brebes Terancam Terendam - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Kali Pemali Nyari Jebol, Sembilan Desa di Brebes Terancam Terendam


TEGALBREBES.COM - Brebes:  Tanggul Sungai Pemali yang berada di Desa Tengki, Kecamatan Brebes terancam jebol. Tanggul tersebut ambrol setelah beberapa hari diguyur hujan deras dan debit air sungai meningkat karena kiriman dari Brebes Selatan.
Lebar longsor di tanggul tersebut mencapai tiga meter. Tanggul yang semula berukuran 5 meter kini tinggal 2 meter saja. Jika tanggul jebol, sebanyak 9 desa dan kelurahan terancam terendam.
Di antaranya: Kelurahan Pasarbatang, Kelurahan Limbangan wetan dan kulon, Desa Randusanga wetan dan kulon, Pagejugan, Kedunguter, tengki, dan Desa Sigambir.
Kepala Desa Tengki Akhmad Saripin menjelaskan, tanggul mulai longsor Senin (16/1) pagi. “Jam 9 pagi sudah longsor 50 cm, kemudian jam 12 siang sudah bertambah hingga 3 meter,” kata dia, Selasa, 17 Januari 2017.
Camat Brebes Eko Purwanto mengatakan, dari 9 desa yang terancam banjir, diperkirakan 60ribu jiwa juga terdampak. Selain itu, ribuan hektar tambak dan area persawahan juga terimbas banjir.
Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk antispasi. “Kami sudah koordinasikan dengan BPBD, BPSDA dan dinas terkait untuk segera melakukan penanganan” jelasnya.
Penanganan tersebut dikatakan Eko yakni pembuatan tanggul sementara dengan pengurugan tanah yang ditahan bambu dan kayu [pp]

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes