Keluarga dan Mantan TKW di Brebes Diajari Membuat Jajanan - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Keluarga dan Mantan TKW di Brebes Diajari Membuat Jajanan

TEGALBREBES.COM (Brebes) - Keluarga dan mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Kabupaten Brebes mendapat pelatihan membuat jajanan.

Mereka dilatih ketrampilan membuat jajanan agar keluarga maupun mantan TKW memperoleh bekal untuk melangsungkan usaha sehingga tidak lagi mengais rejeki di negeri orang.

“Mantan TKW itu, kadang bingung akan melakukan usaha apa ketika kembali ke tanah air, maka pelatihan membuat jajanan saya pandang, sangat penting bagi mereka,” kata Kepala bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Kualitas Hidup Perempuan (KHP) Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes Dra Hj Farikha di sela kegiatan di Aula Kecamatan Tanjung, Jumat lalu (15/4/16).

Farikha melihat, anggota keluarga TKW juga mengalami kesulitan berusaha ketika ditinggal orang tuanya bekerja di luar negeri.

Sementara bekal ketrampilan belum dimiliki, sehingga ketika menerima kiriman uang hanya digunakan untuk hal-hal yang konsumtif.

“Kalau sudah mendapatkan ketrampilan, seperti membuat jajanan tentu uang hasil kerja TKW akan memiliki nilai ekonomis,” terangnya.

Pelatihan diikuti 50 peserta yang diikuti para keluarga dan mantan TKW se Kecamatan Tanjung, Mereka dilatih membuat roti manis isi keju, isi coklat, isi pisang, isi pisang keju dan isi pisang coklat.

“Saya sangat senang mendapat pelatihan membuat roti, ternyata gampang ya, nanti saya juga akan jualan roti,” ungkap Cici, salah seorang peserta.

Ditempat yang sama, sebelumnya Kamis (14/4/16) juga digelar penyuluhan tentang gender, perlindungan anak dan bina keluarga TKW. Sebanyak 70 peserta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Materi penyuluhan disampaikan oleh Dra Farikha, Kepala UPT BKBPP Kecamatan Tanjung Masrukhi Yusuf, dan pejabat di lingkungan BKBPP dan limtas seltoral lainnya.

“Kami berharap dengan penyuluhan dan pelatihan membuat jajanan ini bisa menambah kesejahteraan keluarga TKW dan mantan TKW,” pungkasnya. [bn]


INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar