36 Siswa SMKN 1 Bulakamba Lolos Seleksi Kerja ke Negera Jepang - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

36 Siswa SMKN 1 Bulakamba Lolos Seleksi Kerja ke Negera Jepang


TEGALBREBES.COM (Brebes) - Sebanyak 36 siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, berhasil lolos seleksi kerja ke Negeri Sakura atau Jepang, 

Mereka terdiri dari 26 siswa berasal dari program keahlian Nautika dan 10 siswa berasal dari program keahlian Agronomi Tanaman Pangan dan Hortikultura. 

Ke 36 siswa tersebut, dinyatakan lulus setelah melalui serangkaian tahapan seleksi yang digelar di aula sekolah setempat. 

“Ada 26 siswa yang berhasil lolos. 15 anak mendapatkan nilai A dan 11 anak mendapatkan nilai kategori B dari 30 peserta,” ungkap Penguji dari Tee Kay Corporation Japan Mr Nobuhiro Machida dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan Haerul Anam dari PT Semesta Indah Indonesia, di sela seleksi, Sabtu lalu (30/1/16). 

Sedang 4 siswa dinyatakan tidak lolos karena kendala tinggi badan dan masalah kesehatan. 

Para peserta, kata Nobuhiro, harus memenuhi nilai minimal dari unsure tinggi badan, buta warna, jarak pandang, cek fisik lengkap, angkat barbel, spit jam, dan Wawancara. 

Siswa yang dinyatakan lulus seleksi ini sebelum berangkat ke Jepang akan mendapatkan pelatihan bahasa Jepang dan Budaya Jepang disamping mengikuti tahapan Medical Check Up berikutnya. 

Mereka, akan bekerja di Kapal Penangkap Ikan Jepang dalam group Kapal Skip Jack, Tuna Longline, Purse Seine, Trawl, Kapal Cumu dan group kapal yang lain. 

“SMKN 1 Bulakamba sudah bekerja sama dengan kami sejak tahun 2007. Dan kami sangat puas dengan anak-anak dari Indonesia, dari SMK N 1 Bulakamba,” ungkap Nobuhiro dengan bangga. 

Sementara itu Kepala SMK N 1 Bulakamba Slamet Riyadi MPd berharap, mudah mudahan tahun mendatang tidak hanya program keahlian Nautica dan agronomi saja, tetapi program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Audio Video, dan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 1 Bulakamba bisa seleksi bekerja ke Jepang juga. [bn]


INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar