Banyak Sungai di Kecamatan Wanasari Alih Fungsi jadi Tempat Sampah - INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes
Follow Me INFOTEGALBREBES on Google News Follow Now!

Banyak Sungai di Kecamatan Wanasari Alih Fungsi jadi Tempat Sampah

IMG_8037

(BREBES) - Kendala yang dihadapi para petani di Kecamatan Wanasari saat ini adalah masalah pengairan yang mana banyak sekali irigasi maupun sungai yang beralih fungsi sebagai tempat sampah. Akibat alih fungsi inilah apabila hujan air sungai akan meluap sehingga dapat menggenangi persawahan.

Demikian diungkapkan Ketua Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Wanasari, Radi saat rapat koordinasi Pencapian Target Tanam Periode Okotber – Maret di Aula Kecamatan Wansari, Selasa kemarin (12/1/2016)

Menurut Radi, permasalahan ini harus kita pecahkan bersama dan apabila para petani ada kendala dilapangan yang menghambat agar segera dilaporkan supaya dapat segera diambil langkah ataupun solusi untuk mengatasinya.

Radi juga berharap agar bantuan pertanian kepada kelompok-kelompok tani agar di rawat dan dipergunakan sebaik-baiknya agar bisa menunjang hasil panen.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P, Danramil 03/Wanasari Kapten Inf Hartoyo, Pasi Ter Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Sholahudin, Camat Wanasari yang diwakili Kasi Kesejahteraan Sosial Heri Purwanto, S.Sos, Koordinator Program Pertanian Kecamatan Wanasari Ismail, Ketua Orgasme Pembasmi Tanaman (OPT) Maryadi, S.PKP, Para Babinsa Koramil 03/Wanasari dan kelompok tani se Kec. Wanasari.

Sementara itu dalam sambutannya, Dandim 0713/Brebes mengatakan melalui rapat koordinasi hal-hal yang dapat kita pecahkan bersama dan dapat menjadi ide yang bisa kita sampaikan kepihak yang lebih tinggi yaitu pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Mari kita bersama-sama membangun dan memajukan Kabupaten Brebes agar lebih baik lagi, dibidang pertanian khususnya tanaman padi. Untuk Kabupaten Brebes pada tahun 2015 mendapat peringkat nomor 4 tingkat nasional dalam program swasembada pangan,” ujarnya lagi.

Menurut Dandim pemerintah pusat melalui instruksi Presiden RI untuk Indonedia dalam 3 tahun kedepan harus bisa swasembada pangan.

Untuk mencapai program swasembada pangan tersebut, pemerintah pusat maupun daerah sudah memberikan beberapa bantuan kepada kelompok-kelompok tani berupa mesin Traktor, mesin potong padi Comben Havester, mesin pompa air, pupuk bersubsidi dan pemberian bibit dengan tujuan untuk mensejahterakan petani.

“Sementara sungai yang digunakan tempat buang sampah Koramil Wanasari dengan di bantu masyarakat, bulan lalu sudah melakukan pembersihan sungai di Desa Kupu,” tandas Dandim.

SUMBER:
http://brebesnews.co/2016/01/banyak-sungai-di-kecamatan-wanasari-alih-fungsi-jadi-tempat-sampah/

INFOTEGALBREBES | Portal Beritane Wong Tegal lan Brebes


Posting Komentar